Kamis, 12 April 2012

Read on my blog : Permen Promosi http://bit.ly/HBT8TK
Read on my blog : Creative Design Strategy http://bit.ly/ICjgwE
FOG communication adalah Industri Kreatif Indonesia yang melayani Jasa Konsultan Internet Marketing, Social Media Marketing, dan Memproduksi berbagai Merchandise Promosi, Merchandise Rubber, Serta Event Organizer.

Hubungi Kami:
FOG COMMUNICATION
www.fogcommunication(dot)com
email: Hello@fogcommunication(dot)com
phone: 021-288828-42 | 083878-288828
FOG communication adalah Industri Kreatif Indonesia yang melayani Jasa Konsultan Internet Marketing, Social Media Marketing, dan Memproduksi berbagai Merchandise Promosi, Merchandise Rubber, Serta Event Organizer.

Minggu, 08 April 2012

Strategi Promosi Jangan Fokus Pada Produk

Strategi Promosi menentukan sukses atau tidaknya Perusahaan Anda. Jika strategi promosi bergantung pada produk bagus, bisa jadi Anda terjebak pada sebuah kesalahan fatal. Kesalahan yang ini adalah kesalahan yang kita pikir sangat tidak masuk akal. Coba anda perhatikan iklan-iklan anda, perhatikan produk-produk anda, atau mungkin saya bisa memberikan contoh salah satu iklan yang menarik.

Ini contoh headlinenya atau contoh produk yang dijual, katanya begini,
“Dapatkan handphone terbaik tahun ini, pemenang the best technology in the world.”

Ini adalah satu headline yang baik, namun ini juga merupakan sebuah kesalahan, mengapa? Karena kita fokus hanya pada produk, tidak mengundang intrik, yang mengundang rasa ingin tahu.

Bandingkan jika perusahaan handphone ini menggunakan headline:
“Kecerdasan Dunia ada didalam genggaman Anda, mau tahu caranya?”

Coba rasakan, mana yang lebih komunikatif dan membuat prospek kita merasa untuk mereka. Ini hanya sekedar seperti pernyataan biasa. Saya beri satu ilustrasi menarik yang terjadi di lampu merah-lampu merah. Bayangkan ada pedagang asongan yang teriak-teriak dijalan,
“koran koran koran!” “koran koran koran!” “koran koran koran!” , tetapi satu pedagang lain berteriak,
“Berita baru, Osama Tewas!” “Berita baru, Osama Tewas!” “Berita baru, Osama Tewas!”

Nah, mana yang lebih menarik? Saya yakin anda akan memilih pedagang kedua, mengapa?
1. Memiliki fokus headlinenya jelas
2. Fokus kepada apa yang diinginkan pembaca
3. Provokatif, mengundang rasa ingin tahu

Berapa banyak iklan yang pernah anda lihat tidak ber-resonansi dengan pembacanya, berkomunikasi atau mengundang rasa ingin tahu? Bayangkan jika iklan ini ditayangkan terus menerus tanpa diukur? Berapa besar budget iklan yang mengucur begitu saja tanpa hasil?

Ini adalah sebagian contoh Strategi Promosi dengan headline yang sangat menarik:
1. Rahasia Membuat Orang Menyukai Anda
2. Kekhilafan Sederhana Yang Membuat Seorang Petani Kehilangan 3 miliar Setahun
3. Saran Bagi Istri Yang Suaminya Tidak Bisa Menabung
4. Seorang Anak Kecil Yang Memenangkan Hati Dunia
5. Siapa Yang Sangka Seorang Wanita Bisa Menurunkan Berat Badan-Sambil Menikmati Makanan Nikmat Bersamaan?
6. Saya Adalah Milyarder, Anda Pun Bisa!
7. Bagaimana Saya Bisa Meningkatkan Memori Dalam Satu Malam
8. Dokter Di Indonesia Mengatakan, 2 Dari 3 Orang Wanita Memiliki Kulit Cantik Dalam 14 Hari, Menggunakan …..
9. Tahukah Anda, Gaji Anda Menyimpan Harta Karun Tak Ternilai?
10. Bagaimana Saya Bisa Kaya Dengan Ide Yang ‘Konyol’
11. Kebodohan Saya Yang Membuat Saya Kaya Raya

Perhatikan semua headline diatas mengandung:
1. Problem yang dialami prospek
2. Solusi terhadap sebuah masalah
3. Mengundang rasa ingin tahu
4. Provokatif menantang pembaca untuk berpikir

Tidak ada satupun yang menonjolkan ego sebuah produk atau ego Perusahaan. Pertanyaannya sederhana:

Perhatikan strategi promosi anda, apakah iklan anda menonjolkan produk atau fokus pada penyelesaikan problem mereka? Lalu, bagaimana kalau misalnya produk anda yang mendapatkan penghargaan? Apa benefit terbesar, jika mereka membeli?

Prospek anda akan mengatakan “Oh ya, saya ingin memiliki produk ini karena, ini produk yang luar biasa, sudah menang award, tapi, bagaimana produk ini bisa menyelesaikan problem saya, yah?” Itu sebabnya banyak iklan bagus, keren, tapi tidak terjadi penjualan.

Diatas adalah tips strategi promosi, ingat Headline adalah iklannya iklan anda. Jika tidak menarik, calon customer anda akan melewatkan iklan anda begitu saja. Pastikan fokus anda ada pada prospek bukan hanya produk.

FOG communication 2012