Minggu, 30 Mei 2010

Kiat Promosi Efektif
















Kiat Promosi Yang Efektif


“Apakah melakukan promosi dalam suatu usaha merupakan hal penting?

Jika usaha tersebut sudah mapan, apakah promosi masih tetap harus dilakukan? Promosi seperti apa yang tepat ?

Apakah perlu menyediakan budget khusus untuk promosi tersebut?”.



Pada dasarnya promosi adalah hal yang sangat penting dalam suatu usaha. Karena promosi adalah salah satu P dari 4 P yang diperlukan dalam kegiatan pemasaran yaitu product, price (harga), place (lokasi) dan promotion (promosi). Seseorang yang ingin membeli produk tentu harus tahu merek apa yang ingin dibeli, lokasi di mana, jenis produknya seperti apa dan informasi lain. Informasi ini dapat diperoleh dengan promosi. Bila barang atau jasa tersebut tidak dikenal tentu akan sukar menjualnya.


Promosi sendiri ada berbagai jenis. Ada promosi yang dimaksudkan untuk memperkenalkan usaha atau produk atau jasa sebagai “brand awareness” yaitu memperkenalkan bahwa produk tersebut ada. Bisa juga promosi yang memang dimaksud untuk meningkatkan penjualan, yaitu dengan diskon dan sampel produk. Sampel di samping diberikan langsung, bisa dilakukan dengan ditempelkan dengan produk lain, atau istilahnya di-“bundling”. Perusahaan biasanya menetapkan dua strategi ini bersama-sama yaitu mengenalkan produk dan meningkatkan penjualan. Promosi yang tepat kan dengan cepat meningkatkan penjualan, lebih-lebih bila terkait dengan kebutuhan masyarakat.


Nah, berkaitan dengan usaha yang sudah dikenal oleh masyarakat, promosi tetap harus diadakan, karena ada persaingan. Bila pesaing terus menerus melakukan promosi, tentu produk yang tidak melakukan promosi bisa dilupakan oleh konsumennya. Promosi di samping memperkenalkan produk, juga mengingatkan pada pelanggan untuk membeli atau mengunakan jasa tersebut kembali. Untuk usaha kecilpun selalu mengingatkan pada konsumen dengan cara brosur yang selalu dibagi ke rumah-rumah atau menempel stiker di tiang listrik dan telepon.


Oleh karena itu, promosi yang tepat tergantung dari jenis produk dan sasaran dari pembeli yang dituju. Kategori promosi bisa berbagai macam dengan kemajuan ilmu manajemen pemasaran. Perusahaan bisa melakukan promosi dengan cara iklan yang tentunya bisa mahal. Bila jangkauannya seluruh Indonesia perlu iklan yang menjangkau seluruh Indonesia seperti koran nasional atau televisi nasional. Bila usaha dipasarkan lokal daerah cukup dengan iklan dengan media cetak lokal atau media elektronik lokal seperti televisi atau radio lokal. Dalam promosi ini bisa juga ditampilkan tokoh-tokoh atau para artis terkenal untuk menarik konsumen.


Pada dasarnya hampir semua produk mutunya bagus. Tetapi bila promosinya kurang menarik bisa tidak dibeli oleh konsumen. Perusahaan juga bisa melakukan promosi dengan “sales promotion”, sekarang banyak yang dilakukan oleh para SPG (sales promotion girl) di supermarket atau mall atau mengunjungi rumah ke rumah. Selain itu, bisa juga merekrut sales promotion yang tugasnya adalah untuk promosi, bukan sebagai penjual atau outlet. Mereka membawa sampel, para calon pembeli diminta untuk mencicipi, atau membagikan brosur, mengajak pengujung untuk membeli dsb. Sering disalah artikan bahwa mereka (sale promotor) ditargetkan untuk melakukan penjualan. Bila ditargetkan untuk melakukan penjualan, kegiatan promosinya bisa terganggu. Sales promotor mendesak agar pengunjung melakukan pembelian, tetapi tugas utama agar pengunjung memahami produk dan manfaat produk bisa terlupakan.


Diskon juga sering digunakan untuk promosi, agar para calon pembeli membeli dengan harga murah, merasakan manfaat, bila cocok akan membeli lagi. Publikasi produk tentang manfaat produk/jasa sering digunakan dalam berbagai media. Brosur sering digunakan dengan disebar lewat berbagai cara atau dikirim lewat fax atau email. Promosi yang dilakukan secara luas sering disebut sebagai promosi “Above the Line” seperti menggunakan media nasional, sedang promosi dengan target fokus sering disebut promosi “Below the Line”, seperti brosur.

Untuk usaha kecil, biasanya iklan mini paling sering digunakan. Brosur juga dipakai karena relatif terjangkau harganya. Papan nama untuk usaha kecil sangat penting.


Promosi usaha kecil yang sederhana adalah etalase. Tampilan usaha sebaiknya sangat rapi. Banyak usaha kecil menampilkan tokonya seperti gudang, tidak rapi. Karena penataan kurang rapi, sering pengusaha lupa menaruh barangnya. Sewaktu pembeli datang, barang yang dicari tidak ada. Sewaktu mencari barang lain, barang yang tadi dicari muncul sendiri. Penataan yang kurang baik menyebabkan barang rusak, lama tidak terjual menjadi kadaluarsa, atau karatan. Dapat terjadi barang yang tidak boleh tercampur, dicampur dalam penataan. Misalnya tempat obat nyamuk di dekat makanan. Cairan dekat buku, dsb. Tempat yang bersih tidak jorok adalah promosi yang bagus.


Rumah makan dengan banyak lalat tentu kurang menarik, juga jorok banyak sampah tercecer di sana sini. Pelayanan pelanggan yang ramah adalah salah satu promosi yang bisa dilakukan oleh usaha kecil. Menggunakan keramik yang putih dan bersih akan memudahkan penampilan yang rapi. Lampu sorot yang terang, dan kamar kecil yang bersih merupakan promosi yang tidak langsung. Oleh karena itu, semua aspek dalam produk bisa dipromosikan, mulai dari kemasan yang menarik, tas plastik yang dicap nama perusahaan tertentu, spanduk, iklan billboard, semua hal itu bisa dimanfaatkan.


Dengan promosi seperti di atas maka diperlukan anggaran khusus untuk promosi. Anggaran bisa dikaitkan dengan jumlah penjualan. Tidak ada standar yang pasti tentang berapa besar persentase biaya promosi. Hanya indikasinya akan tampak, bila promosi menurun, maka penjualan bisa menurun. Perusahaan sering harus melakukan pengamatran sendiri. Tiap jenis perusahaan berbeda-beda. Ada yang hanya 1 % dari penjualan ada yang 10 % dari penjualan.


Yanto Sidik Pratiknyo

FOG COMMUNICATION PLASTICINDO






































FOG Communication Plasticindo


Divisi FOG Communication Corp. yang melayani pembuatan berbagai kemasan Plastik yang menarik dari produk yang diciptakan atau diproduksi oelh suatu perusahaan barang.


Tentunya kesemua merchandise yang FOG communication buat akan melalui proses desain yang matang, dan proses yang ketat dalam proses menjaga kualitas dari setiap barang-barang yang dihasilkan.


Untuk informasi lebih lanjut hubungi:

FOG Communication Corp.

FOG Communication Jakarta:
Mr. Albert: +62-818-08-2324-54
email: FOGcommunication@live.com


For new update Add & Look Facebook: FOGcommunication@live.com

Terima kasih. Sukses yang berkesinambungan untuk Anda.
Tuhan memberkati berkelimpahan




Kamis, 27 Mei 2010

FOG COMMUNICATION EVENT ORGANIZIER





























FOG Communication Event Organizer


Bagian dari FOG communication yang menangani penyelenggaraan suatu event.
Dengan crew event yang kompak dan penuh fantasi dan ide-ide gila dalam menciptakan sebuah event yang berbeda dari yang lain, FOG communication siap membantu anda dan company anda dalam melakukan kegiatan promosi melalui diselenggarakan suatu event.
Baik itu event yang bersifat Launching product, Event Pameran, Event Roadshow, Event Gathering dsb.

Berbagai tindakan promosi yang bertujuan mengenalkan suatu produk atau company yang ujungnya akan betujuan meningkatkan penjualan sebuah produk atau jasa yang dijual perusahaan, akan kurang lengkap jika tidak didukung oleh suatu event yang tepat dan fantastik.


Untuk Informasi lebih lanjut hubungi:

FOG Communication Corp.

FOG communication Semarang:
Mr. Martin Teguh: +62-81-225533-48
email: FOGcommunication@gmail.com

FOG communication Jakarta:
Mr. Ferri Ramlie: +62-8190-325-9000
email: FOGcommunication@yahoo.com

Mr. Albert: +62-818-08-2324-54
email: FOGcommunication@live.com

FOG communication Bandung:
Mr. Steven Yulianto: +62-81-254-4649
email: FOGcommunication@hotmail.com


For new update Add & Look Facebook: FOGcommunication@live.com

Terima Kasih. Sukses selalu yang berkesinambungan untuk Anda.
Tuhan memberkati berkelimpahan.

Rabu, 26 Mei 2010

FOG COMMUNICATION MERCHANDISE




















FOG Communication Merchandise

Divisi dari FOG Communication Corp. yang melayani pembuatan berbagai merchandise untuk mendukung kegiatan promosi dari sebuah perusahaan atau instansi.
Berbagai macam barang kami siap untuk mendukung kegiatan promosi atau peningkatan penjualan dari sebuah perusahaan.

Spesialisasi dari FOG communciation sendiri dalam pembuatan merchandise adalah dalam pembuatan merchandise dalam bentuk Tas, merchandise berbahan kulit, Baju seragam, kaos promosi, topi, boneka promosi dsb. Yang kesemuanya bisa dikatakan semua merchandise yang dibuat secara customise dengan finishing proses jahit-menjahit.

Tentunya kesemua merchandise yang FOG communication buat akan melalui proses desain yang matang, dan proses yang ketat dalam proses menjaga kualitas dari setiap barang-barang yang dihasilkan.


Untuk informasi lebih lanjut hubungi:

FOG Communication Corp.

FOG Communication Jakarta:
Mr. Ferri Ramlie: +62-8190-325-9000
email: FOGcommunication@yahoo.com
Mr. Albert: +62-818-08-2324-54
email: FOGcommunication@live.com

FOG Communication Bandung:
Mr. Steven Yulianto: +62-81-254-4649
email: FOGcommunication@hotmail.com

FOG Communication Semarang:
Mr. Martin Teguh: +62-81-225533-48
email: FOGcommunication@gmail.com


For new update Add & Look Facebook: FOGcommunication@live.com

Terima kasih. Sukses yang berkesinambungan untuk Anda.
Tuhan memberkati berkelimpahan


FOG COMMUNICATION IT PROMOTION

































FOG Communication IT Promotion

Bekerjasama dengan 8eigthology, FOG Communication yang menyediakan berbagai layanan jasa promosi melalui system Information Technology (IT).


Produk-produk promosi yang diterapkan melalui IT antara lain:

1. SMS Broadcast

Yaitu suatu produk IT Promotion yang menyebarluaskan suatu Brand, Promo, atau Information dari suatu perusahaan melalui Short Messanging System (SMS).
Dimana SMS yang dikirim akan keluar dengan sender ID bukan sebuah nomer tapi Nama Brand atau Company atau nama apapun. Layanan ini kini semakin berkembang pesat, karena dinilai semakin lebih efektif dibandingkan dengan membuat flyer atau beriklan di suatu media cetak.
Hal ini dikarenakan dimana hampir setiap orang sekarang mempunyai Handphone selular.
Biasanya layanan ini digunakan oleh sebuah company untuk menyampaikan informasi dari Company kepada customernya atau masyarakat.
Contoh: untuk menjaga kesehatan mobil anda datanglah untuk menggati oli mesin anda pada kilometer 50.000.
Sender ID: TOYOTA


2. SMS Short Number

Perkembangan dari layanan SMS Broadcast ini berfungsi sebaliknya. Dimana disini lebih berperan pada penyampaian keluhan, saran, kritik atau informasi lainnya yang arahnya dari Customer atau masyarakat kepada Company yang dimaksud. Layanan ini menggunakan 4 (empat) digit angka saja.
Contoh: Kirimkan saran anda mengenai kami.
Ketik: FOG (spasi) isi saran. Kirim ke 1688.

3. Lain-Lain
Selain produk IT SMS Broadcast dan SMS Short Number, kami juga melayani pembuatan Website, Microsite, Blog, Nada Dering Company, Sistem pembukan dengan SMS, Mantain Social Netwoking Company dan sebagainya.


Untuk informasi lebih lengkap Anda bisa menghubungi:


FOG COMMUNICATION CORP.


FOG Communication Jakarta:
Mr. Ferri Ramlie: +62-818-919913
email: FOGcommunciation@yahoo.com
Mr. Albert: +62-818-08-2324-54
email: FOGcommunication@live.com

FOG Communcation Bandung:
Mr. Steven Yulianto: +62-81-254-4649

email: FOGcommunication@hotmail.com

FOG Communication Semarang:
Mr. Martin Teguh: +62-81-225533-48

email: FOGcommunication@gmail.com

For new update Add & Look Facebook: FOGcommunication@live.com

Terima Kasih. Sukses yang berkesinambungan untuk Anda.
Tuhan memberkati berkelimpahan.